DDST
( DENVER DEVELOPMENT SCREANING TEST )
Þ   
Digunakan untuk anak yang baru
lahir – 6 tahun.
Þ   
Dilakukan dengan mengkaji
tingkah laku anak apakah sesuai dengan tumbuh kembangnya.
Þ   
Memperkuat kecurigaan pada anak
yang mempunyai masalah – masalah khusus.
Þ   
Memonitor anak yang berisiko
mempunyai masalah perkembangan.
Þ   
Membandingkan tingkah laku anak
yang satu dengan yang lain yang sama umurnya.
DENVER II  → MEMUAT 125 TUGAS PERKEMBANGAN / ITEM YANG
DIBAGI DALAM 4 SEKTOR
1.         
PERSONAL SOSIAL
2.         
FINE MOTOR ADAPTIVE
3.         
BAHASA
4.         
GROSS MOTOR
 Duduk, berjalan,
melompat dan pergerakan otot besar.
                    Duduk, berjalan,
melompat dan pergerakan otot besar.
ALAT YANG DIBUTUHKAN
·            
  Benang merah
·            
Kismis
·            
Mainan yang berbunyi
·            
Balok kayu ( kubus )
·            
Botol Kecil
·            
Bell kecil
·            
Bola tenis
·            
Pensil Warna
·            
Cangkir plastik
·            
Kertas kosong
 Meja, kursi dan
ruangan yang lebar
                   Meja, kursi dan
ruangan yang lebar
BENTUK TEST
                  Setiap item diwakilkan dengan suatu grafik batang
yang mempunyai skala : 25 %, 50 %, 75 %, dan 90 %
Contoh :
| 
 | 
| 
 | 











 2
                                                                                                                                                                                                             2                                                                                                                                                               
·        
25 %
anak dapat berjalan pada umur 11 bulan.
·        
50 %
anak dapat berjalan pada umur 12,3 bulan.
·        
Batas
daerah hitam paling kiri menunjukkan 75 % anak umur 13,5 bulan dapat
melakukannya.
·        
Batas
kanan akhir dari grafik menunjukkan bahwa 90 % dari anak dapat berjalan dengan
baik pada umur sebelum 15 bulan.
 
| 
 | 
R :
Mengindikasikan bahwa item di atas dapat dilalui dengan laporan yang diberikan
oleh “CAREGIVER”
CARA PENILAIAN DDST
 1.   Tentukan nama, tanggal lahir, tanggal
test                       umur anak
1.   Tentukan nama, tanggal lahir, tanggal
test                       umur anak
      Contoh
: 1
                                          Th                    Bln                  Hari
      Tgl
tes             :           90                    
7                       15
 Tgl Lahir         :
          88                     3                       10  -
      Tgl Lahir         :
          88                     3                       10  -
      Umur
anak      :            2                     
4                        5
      Contoh
: 2
                                           Th                   Bln                  Hari
      Tgl
tes             :           90                    
7                       15
 Tgl Lahir         :
          88                     10                     28  -
      Tgl Lahir         :
          88                     10                     28  -
      Umur
anak      :           1                        8                      17
ANAK PREMATUR ??
ª  Apakah lahirnya > 2 minggu dari tafsiran partusnya ?
ª  Apakah anak umurnya < 2 th ?
CARA :
Þ   
Tentukan umur anak
Þ   
Kurangi dengan jumlah
prematurnya

 ( 4 minggu                  Bulan
dari 7 hari                   minggu )
( 4 minggu                  Bulan
dari 7 hari                   minggu )
Contoh : Anak lahir prematur 6
minngu sebelum TP.
Th                    Bln                  Hari
      Tgl tes             :           90                    
8                       20
 Tgl Lahir         :           90                     6                         1
      Tgl Lahir         :           90                     6                         1  
      Umur anak      :                                    2                       19
 6 mg prematur                                      1                       14
      6 mg prematur                                      1                       14
      Umur anak                                          
1                         5
 Bila umur  anak < 2 tahun, cara
penilaian seperti anak lahir normal (sesuai TP ).
Bila umur  anak < 2 tahun, cara
penilaian seperti anak lahir normal (sesuai TP ).
2.   Tarik garis sesuai umur dari atas kebawah.
 Interpretasi
dari tes tergantung dari kebenaran penempatan garis umur.
                  Interpretasi
dari tes tergantung dari kebenaran penempatan garis umur.
3.   Lakukan penilaian dari masing – masing item
 Jumlah dari item
yang diberikan tergantung pada
                  Jumlah dari item
yang diberikan tergantung pada
      a. Waktu yang disediakan untuk tes
      b. Apakah tujuannya
1)     
Untuk mengidentifikasi
keterlambatan perkembangan
2)     
Untuk mengkaji batas kemampuan
anak
Jika ( 1 ) :
1.     
Pada masing – masing sektor,
nilai kemampuan anak paling sedikit 3 item di sebelah kiri garis umur dan
setiap item yang terlewati garis umur.
2.     
Jika pada tahap 1 tidak dapat
dilakukan, lanjutkan penilaian pada item di sebelah kiri garis umur pada sektor
yang sama sampai anak dapat melalui 3 item ( 3 item )
Jika ( 2 ) :
1.   Item
sda
2.   lanjutkan
penilaian pada item di sebelah kanan garis umur sampai 3 item gagal dilakukan.
4.   Lalukan
skoring pada item
Þ       
“ P ” untuk Pass
Anak sukses melakukan item tersebut atau “CAREGIVER”
melaporkan bahwa anak dapat melakukan item tersebut.
Þ       
“ F “ untuk Fail
Anak tidak dapat melakukan
item tersebut atau “CAREGIVER” melaporkan bahwa anak tidak dapat melakukan item
tersebut.
Þ       
“ N.O “ untuk No Opportunity
Anak tidak mempunyai
kesempatan untuk melakuka item tersebut.
 Hanya bisa dilakukan pada
item yang bertuliskan “ R “.
            Hanya bisa dilakukan pada
item yang bertuliskan “ R “.
Þ       
“ R “ untuk Refusal
Anak menolak untuk mencoba
item tersebut.
INTERPRETATION
1.     
Interpretasi dari item individu
a.      
 “Advanced”
“Advanced”
 “Advanced”
“Advanced” 
| 
 | 
 
    
     Garis Umur

 
| 
 | 



 
| 
 | 
Garis Umur                                                               Garis Umur
|  |  | 

 
| 
 | 

 
| 
 | 
           Garis
Umur                                                   Garis Umur


 
| 
 | 
      Garis Umur
c.   “Caution”


 
| 
 | 


 
| 
 | 


 
| 
 | 


 
| 
 | 
 F/R diantara 75 - 90 persen
                        F/R diantara 75 - 90 persen

 
| 
 | 


 
| 
 | 
e.   “No.
Opportunity”
|  |  | ||||
|  | |||||
      Catatan
      “Caution”
dan “Delayed” digunakan untuk menginterpretasi semua tes.
2.   Interpretasi
dari tes
a.   Normal
ª  Tidak ada “Delay” dan maximal dari 1 “Caution”.
ª  Tingkah laku baik pada saat dilakukan rescreaning.
b.   Suspect
ª  2 / > “Caution” atau / dan 1 > “Delay”.
ª  Rescrean dalam 1 – 2 mg untuk mengesampingkan
faktor – faktor yang mempengaruhi. Ex : lemah, sakit
dan takut.
c.   Untestable
ª  1 atau > seorang “Refusal” ada pada sebelah kiri garis umur atau
> 1 item refusal yang menyentuh garis umur pada daerah 75 % - 90 %.
ª  Rescrean 1 – 2 mg.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar