Selasa, 21 Januari 2014

DDST



DDST
( DENVER DEVELOPMENT SCREANING TEST )
Þ    Digunakan untuk anak yang baru lahir – 6 tahun.
Þ    Dilakukan dengan mengkaji tingkah laku anak apakah sesuai dengan tumbuh kembangnya.
Þ    Memperkuat kecurigaan pada anak yang mempunyai masalah – masalah khusus.
Þ    Memonitor anak yang berisiko mempunyai masalah perkembangan.
Þ    Membandingkan tingkah laku anak yang satu dengan yang lain yang sama umurnya.

DENVER II  MEMUAT 125 TUGAS PERKEMBANGAN / ITEM YANG DIBAGI DALAM 4 SEKTOR
1.          PERSONAL SOSIAL
2.          FINE MOTOR ADAPTIVE
3.          BAHASA
4.          GROSS MOTOR
                    Duduk, berjalan, melompat dan pergerakan otot besar.

ALAT YANG DIBUTUHKAN
·               Benang merah
·             Kismis
·             Mainan yang berbunyi
·             Balok kayu ( kubus )
·             Botol Kecil
·             Bell kecil
·             Bola tenis
·             Pensil Warna
·             Cangkir plastik
·             Kertas kosong
                   Meja, kursi dan ruangan yang lebar

BENTUK TEST
                  Setiap item diwakilkan dengan suatu grafik batang yang mempunyai skala : 25 %, 50 %, 75 %, dan 90 %
Contoh :


   6                                        9                                     12                                15


                                                                            25 %     50 %     75 %    90 %
 
 
Walk well
 
                                                                                                                                                                                                             2                                                                                                                                                              
·         25 % anak dapat berjalan pada umur 11 bulan.
·         50 % anak dapat berjalan pada umur 12,3 bulan.
·         Batas daerah hitam paling kiri menunjukkan 75 % anak umur 13,5 bulan dapat melakukannya.
·         Batas kanan akhir dari grafik menunjukkan bahwa 90 % dari anak dapat berjalan dengan baik pada umur sebelum 15 bulan.

R
 
          

R : Mengindikasikan bahwa item di atas dapat dilalui dengan laporan yang diberikan oleh “CAREGIVER”

CARA PENILAIAN DDST
1.   Tentukan nama, tanggal lahir, tanggal test                       umur anak
      Contoh : 1
                                          Th                    Bln                  Hari
      Tgl tes             :           90                    7                       15
      Tgl Lahir         :           88                    3                       10  -
      Umur anak      :           2                     4                        5



      Contoh : 2
                                           Th                   Bln                  Hari
      Tgl tes             :           90                    7                       15
      Tgl Lahir         :           88                    10                     28  -
      Umur anak      :           1                        8                      17

ANAK PREMATUR ??
ª  Apakah lahirnya > 2 minggu dari tafsiran partusnya ?
ª  Apakah anak umurnya < 2 th ?

CARA :
Þ    Tentukan umur anak
Þ    Kurangi dengan jumlah prematurnya
( 4 minggu                  Bulan dari 7 hari                   minggu )
Contoh : Anak lahir prematur 6 minngu sebelum TP.
Th                    Bln                  Hari
      Tgl tes             :           90                    8                       20
      Tgl Lahir         :           90                    6                         1 
      Umur anak      :                                   2                       19
      6 mg prematur                                     1                       14
      Umur anak                                          1                         5
Bila umur  anak < 2 tahun, cara penilaian seperti anak lahir normal (sesuai TP ).
2.   Tarik garis sesuai umur dari atas kebawah.
                  Interpretasi dari tes tergantung dari kebenaran penempatan garis umur.
3.   Lakukan penilaian dari masing – masing item
                  Jumlah dari item yang diberikan tergantung pada
      a. Waktu yang disediakan untuk tes
      b. Apakah tujuannya
1)      Untuk mengidentifikasi keterlambatan perkembangan
2)      Untuk mengkaji batas kemampuan anak
Jika ( 1 ) :
1.      Pada masing – masing sektor, nilai kemampuan anak paling sedikit 3 item di sebelah kiri garis umur dan setiap item yang terlewati garis umur.
2.      Jika pada tahap 1 tidak dapat dilakukan, lanjutkan penilaian pada item di sebelah kiri garis umur pada sektor yang sama sampai anak dapat melalui 3 item ( 3 item )
Jika ( 2 ) :
1.   Item sda
2.   lanjutkan penilaian pada item di sebelah kanan garis umur sampai 3 item gagal dilakukan.

4.   Lalukan skoring pada item
Þ        “ P ” untuk Pass
Anak sukses melakukan item tersebut atau “CAREGIVER” melaporkan bahwa anak dapat melakukan item tersebut.
Þ        “ F “ untuk Fail
Anak tidak dapat melakukan item tersebut atau “CAREGIVER” melaporkan bahwa anak tidak dapat melakukan item tersebut.
Þ        “ N.O “ untuk No Opportunity
Anak tidak mempunyai kesempatan untuk melakuka item tersebut.
            Hanya bisa dilakukan pada item yang bertuliskan “ R “.
Þ        “ R “ untuk Refusal
Anak menolak untuk mencoba item tersebut.
INTERPRETATION
1.      Interpretasi dari item individu
a.       “Advanced”
  P
 
   


     Garis Umur

  R
 
  F
 
b.   “Normal”
                                                                         

Garis Umur                                                               Garis Umur






 
 F
 
  P
 
               

           Garis Umur                                                   Garis Umur
  R
 
               


      Garis Umur
c.   “Caution”
 F
 
Text Box: C
 R
 
                           

Text Box: C
 F
 
 R
 
               

           

                        F/R diantara 75 - 90 persen

 R
 
 F
 
d.   “Delayed”
     

e.   “No. Opportunity”











 



      Catatan
      “Caution” dan “Delayed” digunakan untuk menginterpretasi semua tes.

2.   Interpretasi dari tes
a.   Normal
ª  Tidak ada “Delay” dan maximal dari 1 “Caution”.
ª  Tingkah laku baik pada saat dilakukan rescreaning.
b.   Suspect
ª  2 / > “Caution” atau / dan 1 > “Delay”.
ª  Rescrean dalam 1 – 2 mg untuk mengesampingkan faktor – faktor yang mempengaruhi. Ex : lemah, sakit dan takut.
c.   Untestable
ª  1 atau > seorang “Refusal” ada pada sebelah kiri garis umur atau > 1 item refusal yang menyentuh garis umur pada daerah 75 % - 90 %.
ª  Rescrean 1 – 2 mg.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar